Minggu, 28 Oktober 2012

Cara memperbaiki file di flashdisk yang terkena virus shortcut



Penyebab virus shortcut adalah virus yang bernama win32.VB.pod. Biasanya dia menyerang Folder sehingga berubah menjadi shorcut atau file Microsoft Word (.doc) berubah menjadi application (.exe)

Untuk bisa mengembalikan seperti sediakala, ikuti langkah-langkah berikut:
Catatan : "Jalankan cara di bawah ini pada komputer yang di pasang anti virus yang bisa mendeteksi virus shortcut (seperti Avast 7, AVG, Avira 2012, Kaspersky, dll). Ketika flash disk dimasukkan pastinya virus terdeteksi oleh anti virus, masukan saja dulu ke karantina stetelah file/folder kita telah kembali, hapuslah shortcut yang ada di flashdisk dan virus yang berada pada karantina anti virus"
  1. Klik kanan pada drive flashdisk anda, lalu pilih Properties
  2. Bandingkan kapasitas Free Space dan Used Space, jika Used Space lebih besar daripada Free Space tetapi file yang ada dalam flashdisk tidak sebanyak itu maka berbangga hatilah karena kemungkinan besar ada file anda yang di hidden, tetapi jika sebaliknya atau bahkan flashdisk anda kosong berarti file anda hilang semua dan itu tidak bisa dikembalikan (kecuali menggunakan software file recover, tapi itu tidak menjanjikan karena belum dicoba) 
 Jika file anda masih ada atau di hidden oleh virus win32.VB.pod, maka lakukan langkah berikut ini :
  1. Masuk ke Command Prompt dengan cara klik Start lalu pilih Run kemudian dalam kotak run isi dengan CMD kemudian enter
  2. Setelah jendela Command Prompt keluar maka selanjutnya anda tinggal ketikkan drive flashdisk anda diikuti dengan tanda : (titik dua), misalnya drive flashdisk anda E maka anda ketikkan E: lalu tekan enter, atau jika F maka F:  dan seterusnya.
  3. Kini anda berada di dalam drive flashdisk anda, kemudian anda ketik dir lalu tekan enter terus lihat hasilnya apakah sudah muncul atau belum file/folder yang anda cari?
  4. Apabila file yang anda maksud belum ada, silahkan anda ketikkan dir/a atau dir /a kemudian tekan enter kembali lihatlah apakah file atau folder anda sekarang sudah terlihat?
  5. Jika sudah terlihat maka langkah selanjutnya adalah ketiklah: attrib –s –h –r /s /d (ingat…!!! ketik persis seperti disamping jangan lupa spasinya juga) tunggu beberapa detik setelah muncul drive flashdisk pada jendela Command Prompt anda misalnya E:> maka proses pengembalian file atau folder telah selesai.
  6. Terakhir masuk ke Windows Explorer lalu lihat isi flashdisk anda, apakah sudah normal seperti semula dan semua file bisa dibuka???

0 komentar:

Poskan Komentar