Rabu, 20 Februari 2013

MEMBUAT DATABASE DI VISUAL FOXPRO


Kali ini kita akan membahas bagaimana membuat sebuah database di Visual FoxPro. Dalam Visual Foxpro, database merupakan sarana yang sangat penting dalam pengolahan data. Dengan dasar database yang baik maka pembuatan aplikasi akan menjadi lebih mudah. Untuk merancang database kita harus menentukan tabel-tabel apa saja yang diperlukan serta field-field yang deperlukan dalam setiap tabel. Kita juga harus menghubungkan antar tabelnya atau relasinya.



Langkah langkah membuat database sebagai berikut:

  1. Sebelum membuat database sebaiknya anda membuat sebuah project terlebih dahulu. Sehingga semua yang kita buat nanti akan ditaruh dalam folder yang sama. Misalkan kita membuat project penjualan. Klik menu File pilih New, akan muncul jendela "New":




















  2. Pilih "New file" dan anda akan disuruh menyimpan project terlebih dahulu.





  3. Buat Folder Baru misalkan penjualan. Ganti nama project dengan penjualan (untuk mempermudah) dan taruh dalam folder penjualan yang baru anda buat. Klik "Save". Akan muncul Jendela Project Manager
















  4. Pilih Data - Database kemudian Klik "New" dan pilih yang "New Database". Anda juga disuruh menyimpan database terlebih dahulu. Simpan di folder penjualan yang anda buat dengan nama "penjualan" juga. Akan muncul jendela"Table Designer" :




  5. Pilih Icon pada Toolbar kemudian pilih "New Table". Simpan table dengan nama misalnya "Barang"





  6. Isikan nama field dan format lainnya. Bila anda ingin membuat Primary Key pada field, terlebih dahulu pada format Index pilih Ascending pada Field yang ingin dijadikan Primary Key (bisa lebih dari satu field). Lalu klik Indexes




  7. Field-field yang diisi index akan muncul. Pilih "Primary" kemudian "OK". Akan ada konfirmasi apakah anda mau megisi data pada tabel sekarang? pilih "Yes" jika ya.
Bila anda ingin menambahkan tabel baru lagi, lakukan langkah yang sama. Sekarang anda sudah mempunyai sebuah database dengan tabelnya.

0 komentar:

Posting Komentar