Jumat, 07 Februari 2014

Pengantar multimedia

PENGANTAR MULTIMEDIA


DEFINISI MULTIMEDIA
Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.

Fungsi Multimedia
  1. Mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking,para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor. Contoh software yang mendukung teleworking/telecommuting: Netmeeting!
  2. Mengubah cara belanja.    Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang dating dengan sendirinya.
  3. Mengubah cara bisnis. Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking.
  4. Mengubah cara memperoleh informasi.   Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi.
  5. Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan computer multimedia, belajar online, menggunakan e-book.


GAMBAR
Gambar (image) merupakan suatu representasi spatial dari suatu obyek, dalam pandangan 2D atau 3D. Gambar 2 dimensi bisa berasal dari: kamera, kaca, lensa, teleskop. Gambar digital merupakan suatu fungsi dengan nilai-nilai yang berupa intensitas cahaya pada tiap-tiap titik pada bidang yang telah diquantisasikan (diambil sampelnya pada interval diskrit).

Titik dimana suatu gambar di-sampling disebut picture element (pixel). Nilai intensitas warna pada suatu pixel disebut gray scale level.
1 bit   à binary-valued image (0 - 1)
8 bits  à gray level (0 - 255)
16 bits  à high color (216)
24 bits à 224 true color
32 bits  à true color (232)
Format gambar digital memiliki 2 parameter:
spatial resolution  à pixels X pixels
color encoding  à bits / pixel

 Tabel resolusi display dan kebutuhan memory










Jika suatu gambar disimpan maka yang disimpan adalah array 2D dimana masing-masing merepresentasikan data yang berhubungan dengan pixel tersebut. Array[x,y] = warna pixel

Setiap pixel dapat mempunyai informasi tambahan yang berhubungan dengan pixel tersebut. Masing-masing gambar juga memiliki informasi tambahan seperti lebar X panjang gambar, kedalaman gambar, pembuat, dll.

GRAFIK (GRAPHICS)
Ada 2 jenis grafik:
1. Raster: dimana setiap pixel didefinisikan secara terpisah ( contoh software : Photoshop, Paint)
2. Vector: dimana formula matematika digunakan untuk menggambar graphics primitives (garis, kotak, lingkaran,elips, dll) dan menggunakan attributnya. Gambar vektor biasanya berukuran lebih kecil, gambar tidak pecah, semua manipulasi dilakukan melalui rumus. ( contoh software : Macromedia Freehand, autocad, adobe illustrator,  coreldraw, macromedia flash)

Bitmap vs. Vektor











FORMAT FILE GAMBAR
Bitmap (.BMP)
-          Format gambar yang paling umum dan merupakan format standar Windows.
-          Ukuran filenya sangat besar karena bisa mencapai ukuran Megabytes.
-          File ini merupakan format yang belum terkompresi dan menggunakan sistem warna RGB (Red, Green, Blue) dimana masing-masing warna pixelnya terdiri dari 3 komponen, R, G, dan B yang dicampur menjadi satu.
-          File BMP dapat dibuka dengan berbagai macam software pembuka gambar seperti ACDSee, Paint, IrvanView dan lain-lain.
-          File BMP tidak bisa (sangat jarang) digunakan di web (internet) karena ukurannya yang besar.

Joint Photographic Expert Group (.JPEG/JPG)
-          Format JPG merupakan format yang paling terkenal sekarang ini.
-          Hal ini karena sifatnya yang berukuran kecil (hanya puluhan/ratusan KB saja), dan bersifat portable.
-          File ini sering digunakan pada bidang fotografi untuk menyimpan file foto. File ini bisa digunakan di web (internet).

Graphics Interchange Format (.GIF)
-          Format GIF ini berukuran kecil dan mendukung gambar yang terdiri dari banyak frame sehingga bisa disebut sebagai gambar animasi (gambar bergerak).
-          Format ini sering sekali digunakan di internet untuk menampilkan gambar-gambar di web.

Portable Network Graphics (.PNG)
-          Format yang standar dan sering digunakan di internet untuk menampilkan gambar atau pengiriman gambar. Ukuran file ini cukup kecil dan setara dengan ukuran gif dengan kualitas yang bagus. Namun tidak mendukung animasi (gambar bergerak).
-          Sebenarnya masih banyak format file gambar lain seperti TIFF (Tagged Image File Format), ICO (Icon), EMF (Enchanced Windows Metafile), PCX, ANI (Animation), CUR (Cursor), WBMP (WAP BMP), PSD (Adobe Photoshop Document), dan CDR (Corel Draw).


SUARA (SOUND)
Suara adalah
 fenomena fisik yang dihasilkan oleh getaran benda
 getaran suatu benda yang berupa sinyal analog dengan amplitudo yang berubah secara kontinyu terhadap waktu

Suara dihasilkan oleh getaran suatu benda. Selama bergetar, perbedaan tekanan terjadi di udara sekitarnya. Pola osilasi yang terjadi dinamakan sebagai “GELOMBANG”. Gelombang mempunyai pola sama yang berulang pada interval tertentu,yang disebut sebagai “PERIODE”.
Contoh suara periodik : instrument musik, nyanyian burung, dll
Contoh suara nonperiodik : batuk, percikan ombak, dl


 
l.

Suara berkaitan erat dengan:
1.  Frekuensi
- Banyaknya periode dalam 1 detik
- Satuan : Hertz (Hz) atau cycles per second (cps)
Berdasarkan frekuensi, suara dibagi menjadi:
Infrasound                                 0Hz – 20 Hz
Pendengaran manusia          20Hz – 20 KHz
Ultrasound                                20KHz – 1 GHz
Hypersound                              1GHz – 10 THz

Manusia membuat suara dengan frekuensi : 50Hz – 10KHz.
Sinyal suara musik memiliki frekuensi : 20Hz – 20Khz.
Sistem multimedia menggunakan suara yang berada dalam range pendengaran manusia.

Suara yang berada pada range pendengaran manusia sebagai “AUDIO”, dan gelombangnya sebagai “ACCOUSTIC SIGNALS”. Suara diluar range pendengaran manusia dapat dikatakan sebagai “NOISE” (getaran yang tidak teratur dan tidak berurutan dalam berbagai frekuensi, tidak dapat didengar manusia).


2. Amplitudo
  1. Keras lemahnya bunyi atau tinggi rendahnya gelombang.
  2. Satuan amplitudo adalah decibel (db)
  3. Bunyi mulai dapat merusak telinga jika tingkat volumenya lebih besar dari 85 dB dan pada ukuran 130 dB akan mampu membuat hancur gendang telinga

3. Velocity
  1. Kecepatan perambatan gelombang bunyi sampai ke telinga pendengar.
  2. Satuan yang digunakan : m/s
  3. Pada udara kering dengan suhu 20 °C (68 °F)m kecepatan rambat suara sekitar 343 m/s



REPRESENTASI SUARA
Gelombang suara analog tidak dapat langsung direpresentasikan pada komputer. Komputer mengukur amplitudo pada satuan waktu tertentu untuk menghasilkan sejumlah angka. Tiap satuan pengukuran ini dinamakan “SAMPLE”.


ANALOG TO DIGITAL CONVERSION (ADC)
Adalah proses mengubah amplitudo gelombang bunyi ke dalam waktu interval tertentu (disebut juga sampling), sehingga menghasilkan representasi digital dari suara. Sampling rate : beberapa gelombang yang diambil dalam satu detik.

Contoh : jika kualitas CD Audio dikatakan memiliki frekuensi sebesar 44100
Hz, berarti jumlah sample sebesar 44100 per detik.

DIGITAL TO ANALOG CONVERTER (DAC)
Adalah proses mengubah digital audio menjadi sinyal analog. DAC biasanya
hanya menerima sinyal digital Pulse Code Modulation (PCM). PCM adalah representasi digital dari sinyal analog, dimana gelombang disample secara beraturan berdasarkan interval waktu tertentu, yang kemudian akan diubah ke biner. Proses pengubahan ke biner disebut Quantisasi.

BERBAGAI FORMAT AUDIO

AAC (Advanced Audio Coding) [ .m4a ]
AAC bersifat lossy compression (data hasil kompresi tidak bisa dikembalikan lagi ke data sebelum dikompres secara sempurna, karena setelah dikompres terdapat data-data yang hilang). AAC merupakan audio codec yang menyempurnakan MP3 dalam hal medium dan high bit rates.

Cara kerja:
1.       Bagian-bagian sinyal yang tidak relevan dibuang.
2.       Menghilangkan bagian-bagian sinyal yang redundan.
3.       Dilakukan proses MDCT (Modified Discret Cosine Transform) berdasarkan tingkat kekompleksitasan sinyal.
4.       Adanya penambahan Internal Error Correction.
5.       Kemudian, sinyal disimpan atau dipancarkan.

Kelebihan AAC dari MP3:
  1. Sample ratenya antara 8 Hz – 96 kHz, sedangkan MP3 16 Hz – 48 kHz.
  2. Memiliki 48 channel.
  3. Suara lebih bagus untuk kualitas bit yang rendah (dibawah 16 Hz).

Software pendukung AAC :
  1. IPod dan Itunes, Winamp.
  2. Handphone : Nokia N91, Sony Ericsson W800, dan Motorola ROKR E1.
Hardware pendukung AAC:
Play Station Portable (PSP) pada Agustus 2005.

WAVEFORM AUDIO [ .WAV ]
  1. WAV adalah format audio standar Microsoft dan IBM untuk PC.
  2. WAV biasanya menggunakan coding PCM (Pulse Code Modulation)
  3. WAV adalah data tidak terkompres sehingga seluruh sampel audio disimpan semuanya di harddisk.
  4. Software yang dapat menciptakan WAV dari Analog Sound misalnya adalah Windows Sound Recorder.
  5. WAV jarang sekali digunakan di internet karena ukurannya yang relative besar.
  6. Maksimal ukuran file WAV adalah 2GB.

Audio Interchange File Format [.AIF]
  1. Merupakan format standar Macintosh.
  2. Software pendukung: Apple QuickTime

Audio CD [.cda]
  1. Format untuk mendengarkan CD Audio
  2. CD Audio stereo berkualitas sama dengan PCM/WAV yang memiliki
sampling rate 44100 Hz, 2 Channel (stereo) pada 16 bit.
  1. Durasi = 75 menit dan dynamic range = 95 dB.

Mpeg Audio Layer 3 [.mp3]
  1. Merupakan file dengan lossy compression.
  2. Sering digunakan di internet karena ukurannya yang cukup kecil dibandingkan ukuran audio file yang tidak terkompresi.
  3. Distandarisasi pada tahun 1991.
  4. Kompresi dilakukan dengan menghilangkan bagian-bagian bunyi yang kurang berguna bagi pendengaran manusia.
  5. Kompresi mp3 dengan kualitas 128 bits 44000 Hz biasanya akan menghasilkan file berukuran 3-4 MB, tetapi unsur panjang pendeknya lagu juga akan berpengaruh.
  6. Software pemutar file mp3 : Winamp.
  7. Software encoder : LAME (Lame ain’t MP3 Encoder), sebuah encoder mp3 open source dan freeware yang dibuat oleh Mike Cheng pada awal tahun 1998.
  8. Macam-macam bit rate: 32, 40, 48, 56, 64, 80, 96, 112, 128, 160,
  9. 192, 224, 256 and 320 kbit/s

MIDI (Music Instrument Digital Interface)
Standard yang dibuat oleh perusahaan alat-alat musik elektronik berupa serangkaian spesifikasi agar berbagai instrumen dapat berkomunikasi.

MIDI = format data digital
Interface MIDI terdiri dari 2 komponen:
1. Perangkat Keras
Hardware yang terhubung ke peralatan (alat instrumen / komputer)
2. Data Format
Pengkodean informasi
 spesifikasi instrument
 awal / akhir nada
 frekuensi
                 volume suara
MIDI device (mis. synthesizer) berkomunikasi melalui channel
 piranti standard memiliki 16 channel
 128 macam instrumen (termasuk noise effect)
                mis :       0 Accoustic piano
                                12 Marimba
                                40 Violin
 1 channel dapat memainkan 3 – 16 note



Komponen-Komponen MIDI device
a.       Sound generator ? pembangkit suara synthesizer
b.      Microprocessor ? mengirim / menerima MIDI message
c.       Keyboard ? mengontrol synthesizer secara langsung
d.      Control Panel ? mengatur fungsi-fungsi selain nada dan durasi (volume,jenis suara, dll)
e.      Auxiliary Controllers ? memanipulasi nada (modulation, pitch, dll)
f.        Memory


VIDEO
Pengertian Video
Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak.   Biasanya menggunakan film seluloid, sinyal elektronik, atau media digital. Berkaitan dengan “penglihatan dan pendengaran”

Digital video
                Adalah jenis sistem video recording yang bekerja menggunakan sistem digital dibandingkan dengan analog dalam hal representasi videonya. Biasanya digital video direkam dalam tape, kemudian didistribusikan melalui optical disc, misalnya VCD dan DVD.
                Salah satu alat yang dapat digunakan untuk menghasilkan video digital adalah camcorder, yang digunakan untuk merekam gambar-gambar video dan audio, sehingga sebuah camcorder akan terdiri dari camera dan recorder.
                Macam-macam camcorder: miniDV, DVD camcorder, dan digital8.  Camcorder terdiri dari 3 komponen:
·         Lensa : untuk mengatur banyak cahaya, zoom, dan kecepatan shutter
·         Imager : untuk melakukan konversi cahaya ke sinyal electronic video
·         Recorder     : untuk menulis sinyal video ke media penyimpanan (seperti magnetic videotape)


Beberapa jenis VGA untuk video digital:
-  CGA (Color Graphics Array):
Menampung 4 colors dengan resolusi 320 pixels x 200 pixels.
-  EGA (Enhanced Graphics Array)
      Menampung 16 colors dengan resolusi 640 pixels x 350 pixels.
-  VGA (Video Graphics Array
         Menampung 256 colors dengan resolusi 640 pixels x 480 pixels.
-  XGA (Extended Graphics Array)
·         Menampung 65000 colors dengan resolusi 640 x 480
·         Menampung 256 colors dengan resolusi 1024 x 768
-  SVGA (Super VGA)
         Menampung 16 juta warna dengan resolusi 1024 x 768

Beberapa format video:
1.       Digital Video Compressed
  • CCIR-601 untuk broadcast tv.
  • MPEG-4 untuk video online
  • MPEG-2 untuk DVD dan SVC
  • MPEG-1 untuk VCD
2.        Analog / Tapes Video
  • Betacam: format untuk broadcast dengan kualitas tertinggi.
  • DV dan miniDV untuk camcorder
  • Digital 8 dibuat oleh Sony tahun 1990-an, mampu menyimpan video selama 60-90 menit.
3.  ASF (Advanced System Format)
  • Dibuat oleh Microsoft sebagai standar audio/video streaming format
  • Bagian dari Windows Media framework
  • Format ini tidak menspesifikasikan bagaimana video atau audio harus di encode, tetapi sebagai gantinya menspesifikasikan struktur video/audio stream. Berarti ASF dapat diencode dengan codec apapun.
  • Dapat memainkan audio/video dari streaming media server, HTTP server, maupun lokal.
  • Beberapa contoh format ASF lain adalah WMA dan WMV dari Microsoft.
  • Dapat berisi metadata seperti layaknya ID3 pada MP3
  • ASF memiliki MIME “type application/vnd.ms-asf” atau “video/x-ms-asf”.
  • Software : Windows Media Player
4. MOV (Quick Time)
  • Dibuat oleh Apple
  • Bersifat lintas platform.
  • Banyak digunakan untuk transmisi data di Internet.
  • Software: QuickTime
  • Memiliki beberapa track yang terdiri dari auido, video, images, dan text sehingga masing-masing track dapat terdiri dari file-file yang terpisah.
5. MPEG (Motion Picture Expert Group)
·         Merupakan file terkompresi lossy.
·         MPEG-1 untuk format VCD dengan audio berformat MP3, beresoluasi 352x240, hanya mensupport progressive scan video.
·         MPEG-2 digunakan untuk broadcast, siaran untuk direct-satelit dan cable tv, support interlaced format, digunakan dalam/pada HDTV dan DVD video disc.
·         MPEG-4 digunakan untuk streaming, CD distribution, videophone dan broadcast television, mendukung digital rights management.
6.  DivX
·      Salah satu video codec yang diciptakan oleh DivX Inc.
·      Terkenal dengan ukuran filenya yang kecil karena menggunakan MPEG4 Part 2 compression.
·      Versi pertamanya yaitu versi 3.11 diberi nama “DivX ;-)”
·      DivX bersifat closed source sedangkan untuk versi open sourcenya adalah XviD yang mampu berjalan juga di Linux.
7.  Windows Media Video (WMV)
  • Codec milik Microsoft yang berbasis pada MPEG4 part 2
  • Software: Windows Media Player, Mplayer, FFmpeg.
  • WMV merupakan gabungan dari AVI dan WMA yang terkompres, dapat berekstensi wmv, avi, atau asf.

A
ANIMATION

                Animation adalah “illusion of motion” yang dibuat dari image statis yang ditampilkan secara berurutan. Pada video atau film, animasi merancu pada teknik dimana setiap frame dalam film dibuat secara terpisah. Frame bisa dihasilkan dari komputer, dari fotografi atau dari gambar lukisan. Ketika frame-frame tersebut digabungkan, maka terdapat ilusi perubahan gambar, sesuai dengan teori yang disebut dengan “persistance of vision”


Jenis-jenis Animasi
1. Animasi Cel
  • Kata cel berasal dari kata “celluloid” yang merupakan materi yang digunakan untuk membuat film gambar bergerak pada tahun-tahun awal animasi.
  • Sekarang material film dibuat dari asetat (acetate)


     
    Biasanya digambar dengan menggunakan tangan (hand-drawn animation).  Animasi cel biasanya merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal.
  • Masing-masing sel merupakan bagian yang terpisah, misalnya antara obyek dengan latar belakangnya, sehingga dapat saling bergerak mandiri. Misalnya seorang animator akan membuat animasi orang berjalan, maka langkah pertama dia akan menggambar latar belakang, kemudian karakter yang akan berjalan di lembar berikutnya, kemudian membuat lembaran yang berisi karakter ketika kaki diangkat,  dan  akhirnya karakter ketika kaki dilangkahkan.



 
2. Animasi Frame
  • Animasi Frame adalah bentuk animasi paling sederhana. Contohnya ketika kita membuat gambar-gambar yang berbeda- beda gerakannya pada sebuah tepian buku kemudian kita buka buku tersebut dengan menggunakan jempol secara cepat maka gambar akan kelihatan bergerak.
  • Dalam sebuah film, serangkaian frame bergerak dengan kecepatan minimal 24 frame per detik agar tidak terjadi jitter.

3. Animasi Sprite
  • Pada animasi sprite, gambar digerakkan dengan latar belakang yang diam. Sprite adalah bagian dari animasi yang bergerak secara mandiri, seperti misalnya: burung terbang, planet yang berotasi, bola memantul, ataupun logo yang berputar.
  • Dalam animasi sprite yang dapat kita edit adalah animasi dari layar yang mengandung sprite, kita tidak dapat mengedit bagian dalam yang ditampilkan oleh layar untuk masing-masing frame seperti pada animasi frame.

4. Animasi Path
  • Animasi path adalah animasi dari obyek yang bergerak sepanjang garis kurva yang ditentukan sebagai lintasan.
  • Misalnya dalam pembuatan animasi kereta api, persawat terbang,burung dan lain-lain yang membutuhkan lintasan gerak tertentu.
  • Pada kebanyakan animasi path dilakukan juga efek looping yang membuat gerakan path terjadi secara terus menerus.

5. Animasi Spline
Spline adalah representasi matematis dari kurva. Sehingga gerakan obyek tidak hanya mengikuti garis lurus melainkan berbentuk kurva.

6. Animasi Vektor
  • Vektor adalah garis yang memiliki ujung-pangkal, arah, dan panjang.
  • Animasi vektor mirip dengan animasi sprite, tetapi animasi sprite menggunakan bitmap sedangkan animasi vektor menggunakan rumus matematika untuk menggambarkan sprite-nya.

7. Animasi Character
  • Animasi karakter biasanya terdapat di film kartun. Semua bagian dalam film kartun selalu bergerak bersamaan.  Software yang biasa digunakan adalah Maya Unlimited.
  • Contoh film kartun yang dibuat dengan Maya Unlimited adalah Toy Story dan Monster Inc.





MENGENAL ADOBE PHOTOSHOP CS3


Adobe Photoshop adalah software pengolah gambar yang sangat powerfull dengan segala fasilitasnya. Hasil gambar olah dengan Adobe Photoshop ini banyak dilihat di berbagai website, brosur, koran, majalah, dan media lainnya.
Tool pada Adobe Photoshop














Menyeleksi Gambar
Menyeleksi berarti memilih bagian tertentu dari gambar. Dengan seleksi kita dapat mengcopy, mengubah, menggeser, atau menambahkan efek kepada bagian yang terseleksi tanpa mempengaruhi bagian lain.

Ada tiga cara menyeleksi yaitu:
1.       Marquee Tool, yaitu menyeleksi dalam bentuk kotak, elips, row, dan kolom
2.       Lasso Tool, untuk menyeleksi dalam bentuk bebas, poligonal atau kekontrasan gambar (Magnetic Lasso Tool).
3.       Magic Wand Tool, untuk menyeleksi berdasarkan persamaan warna.
            
             Tipe seleksi ada dua (dapat dipilih pada Option Bar), yaitu:
1.       Normal, memiliki pinggiran yang tajam.
2.       Feather, memiliki pinggiran yang halus atau kabur.


 
Marquee Tool

Lasso Tool

Magic Wand Tool
Rectangular Marquee Tool
Gunakan rectangular marquee tool untuk memotong gambar dalam bentuk kotak. Gunakan menu Select -> Transform Selection untuk mengubah seleksi dan menu Select -> Feather untuk mengatur ketajaman pinggiran potongan.

Elliptical Marquee Tool
Digunakan untuk membuat seleksi elips atau lingkaran. Anda dapat menggunakan Select -> Transform Selection (atau klik kanan) untuk mengubah bidang yang mau diseleksi. Gunakan menu Select -> Feather untuk mengatur ketajaman tepi gambar. Gunakan Select -> Inverse untuk membalik seleksi.

Lasso Tool
Seleksi ini digunakan untuk menyeleksi bentuk bebas dengan mouse.

Polygonal Lasso Tool
Polygonal Lasso Tool digunakan untuk menyeleksi gambar yang memiliki tepi garis lurus, misalnya piramida pada gambar 2.5. Jika tombol Alt ditekan maka Polygonal Lasso Tool akan berfungsi seperti Lasso Tool biasa. Contoh gambar hasil seleksi piramida diperkecil dan diletakkan pada sudut kanan bawah.

Magnetic Lasso Tool
Magnetic Lasso Tool penggunaanya cukup mudah, karena dengan tool ini seleksi gambar akan secara otomatis membuat garis seleksi pada gambar yang berwarna kontras.

Magic Wand Tool
Magic wand tool akan menyeleksi gambar yang memiliki warna sama.

Crop Tool
Crop tool digunakan untuk menghilangkan bagian yang tidak diseleksi. Contoh penggunaanya di sini digunakan untuk memperbaiki hasil scan yang miring.

Healing Brush Tool
Healing Brush Tool digunakan untuk memperbaiki gambar pada bagian tertentu. Aktifkan tool ini, kemudian tekan Alt + Klik pada objek pada bagian yang tidak berkeriput, kemudian klik pada bagian yang keriputnya ingin dihilangkan.

Spot Healing Brush Tool
Spot Healing Brush Tool digunakan untuk memperbaiki kerusakan gambar. Di sini Anda tidak perlu menentukan area yang akan digunakan sebagai patokan, karena akan secara otomatis terpilih dari area di sekitarnya. Misalnya digunakan untuk menghilangkan keretakan pada patung
Tool ini merupakan tool baru pada Adobe Photoshop CS2 yang tidak ada pada versi sebelumnya.

Patch Tool
Patch Tool digunakan untuk memperbaiki gambar. Tool ini dibuat dengan cara membuat selection dengan mouse atau dengan menahan tombol ALT untuk menghasilkan bentuk poligonal. Selanjutnya drag ke daerah yang akan dijadikan patokan perbaikan.

Red Eye Tool
Red Eye Tool digunakan untuk memperbaiki warna merah pada mata.

Clone Stamp Tool
Clone Stamp Tool digunakan untuk membuat duplikat area pada gambar, atau yang disebut cloning. Tekan ALT pada objek yang akan dikloning, kemudian gunakan mouse pada area tempat objek baru mau diletakkan.

Background Eraser Tool
Tool ini digunakan untuk menghapus background yang memiliki kemiripan warna. Misalnya digunakan untuk menghapus background langit pada gambar kupu-kupu.

Magic Eraser Tool
Seperti Background Eraser Tool, tool ini akan menghapus area dengan warna sama, namun efeknya adalah ke seluruh gambar, bukan hanya area yang diklik.

Color Replacement Tool
Color Replacement Tool akan mengubah warna gambar tanpa mengubah bentuk dari gambar tersebut. Tool ini akan secara otomatis hanya mengubah area dengan warna sama menjadi warna lain yang dikehendaki.

Paint Bucket Tool
Paint Bucket Tool digunakan untuk mengganti background yang memiliki warna sama atau mirip. Background dapat diganti dengan pattern.

Gradient Tool
Gradient tool digunakan untuk menghasilkan warna gradasi. Jangan lupa lakukan seleksi terlebih dahulu bagian mana yang akan diisi warna gradasi. Jika tidak, maka seluruh kanvas terisi dengan gradasi.

Brush Tool
Brush Tool digunakan sebagai kuas dalam mengambar dengan mouse. Atur besar kecilnya brush, hardness, opacity, dan flow. Bush Tool dapat juga bekerja pada mode Air Brush.

Brightness/Contrast
Brightness digunakan untuk mengatur kecerahan gambar. Contrast digunakan untuk mengatur ketajaman gambar. Gunakan menu Image -> Adjustment -> Brightness/Contrast.

Level
Level berfungsi mirip dengan Brightness/Contrast namun lebih fleksible karena warna dapat diatur warna gelap, warna menengah, dan warna terang. Level dapat bekerja pada selection atau seluruh kanvas. Gunakan menu Image -> Adjustment -> Level.

Curves
Curves bekerja seperti level, namun Anda mengatur warna RGB dalam bentuk curva. Gunakan menu Image -> Adjustment -> Curves. Curva dapat diatur otomatis, mode RGB atau diatur sendiri-sendiri untuk tiap-tiap warna.

Color Balance
Melalui menu Image -> Adjustment -> Color Balance kita dapat mengatur keseimbangan warna.

Photo Filter
Photo filter digunakan untuk memberikan filter pada gambar. Mirip seperti filter yang diletakkan di depan lensa kamera. Gunakan menu Image -> Adjustment -> Photofilter.

Replace Color
Replace Color digunakan untuk mengganti warna tertentu dalam gambar, sedangkan warna yang lain tidak ikut berubah. Misalnya untuk mengganti warna apel dengan tanpa mengubah warna background. Gunakan menu Image -> Adjusments -> Replace Color.

Hue/Saturation
Hue/Saturation digunakan untuk mengganti warna pada keseluruhan gambar/seleksi. Hue adalah warna, sedangkan Saturation adalah tebal/tipisnya warna. Gunakan tool ini melalui Image -> Adjustment -> Hue/Saturation. Perubahan warna dapat diatur pada chanel master, atau tiap-tiap warna.
Match Color
Match Color akan menyamakan warna gambar source kepada gambar yang akan diubah. Misalnya di sini akan diubah gambar danau3.jpg, menjadi suasana matahati terbit seperti gambar acuan. Gunakan tool ini melalui menu Image -> Adjustment -> Match Color.

0 komentar:

Posting Komentar